Senin, 14 Juli 2008

CARA TRADISIONAL MENGATASI HIPERTTENSI / TEKANAN DARAH TINGGI


Tekanan darah tinggi / hipertensi adalah suatu penyakit yang umum menyerang masyarakat kita. Sebab musababnya bermacam-macam, diantaranya adalah faktor psikis / terlalu banyak pikiran, gangguan urat syaraf ( neurologis ), dan sebab- sebab lainnya. Gejala yang umum dari penyakit ini dalah sering marah-marah / emosional / mudah tersinggung, syarafnya tegang, kepala pusing, dll. Akibat dari penyakit ini bila telah berlangsung lama dan kronis adalah rematik, kejang otot, bahkan bisa terjadi stroke dan kelumpuhan. Bila tekanan darah tinggi belum begitu kronis, maka dapat diupayakan agar penderita tidak terlalu banyak gerak, selalu dijaga emosioanalnya / ketenangan jiwanya, serta jangan terlalu memikirkan hal-hal yang berat-berat. Adapun pantangannya adalah alkohol dan rokok. Si penderita dapat dikompres setiap hari dengan parutan buah mentimun pada jidat / kepala bagian depan. Banyak-banyaklah mengkonsumsi buah papaya, timun, dll, serta sayur-mayur yang banyak vitamin C dan B. Terus minumlah air rebusan bunga jeruk. Usahakan banyak menghirup udara segar pagi hari.

Adapun bahan ramuan tradisionalnya: daun kaki kuda 25 gram, daun selamagi 15 gram, buah waluh putih ( kondhur ) 50 gram, daun kaca beling 25 gram, saga manis 25 gram. Semua bahan direbus, airnya setelah disaring lantas diminum. Resep lainnya: daun meniran 10 gram, daun ngokilo 15 gram, daun kumis kucing 15 gram, akar cabutan alang-alang 5 batang, asam trengguli 5 gram. Semua bahan direbus, airnya setelah disaring dapat diminum.

5 komentar:

Dody FariaL mengatakan...

thanks blognya sangat bermanfaat buat saya, kebetulan mertua saya darah tingginya sering kambuh,thanks yaa..

Rini mengatakan...

makasi infonya

Hari Budiman mengatakan...

Postingan yang sangat menarik, semoga bermanfaat untuk yang sedang menderita hipertensi. Di blog OBAT TRADISIONALada juga obat herbal untuk tekanan darah tinggi. Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi punyaku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

Hari Budiman mengatakan...

Hipertensi bisa dinormalkan dengan tanaman mengkudu,sambiloto, sambung nyowo, dsb. Silakan kunjungi blog : TANAMAN OBAT TRADISIONAL