Kamis, 10 Juli 2008

KETLUSUBEN / KEMASUKAN BENDA KECIL YANG TAJAM

Jari sering ketlusuben duri, benda kecil, tajam, dll. Dan kebanyakan benda tsb tidak bisa keluar, hanya ada di dalam daging / kulit. Untuk itu bisa dibuatkan salep untuk memudahkan “tlusub” itu keluar dengan sendirinya karena tekanan / pengaruh ramuan-ramuan tsb menjadikan daging menonjol, sehingga mudah diambil benda / duri tersebut. Adapun ramuannya adalah: brambang merah ditumbuk halus, dengan gula jawa, lantas ditempelkan pada bagian yang ketlusuben, kemudian dibungkus kain / perban yang keras. Selang beberapa hari, tlusub tsb akan mudah diambil. Ada juga ramuan lain, yaitu: daun lamtoro ditumbuk halus secukupnya, terasi dapur dan garam sedikit, kemudian bahan-bahan tadi ditumbuk halus lantas ditempelkan pada bagian yang ketlusuben tadi. Kemudian balut dengan perban / kain ( sama seperti cara sebelumnya ).

3 komentar:

  1. Postingan yang sangat menarik, semoga bermanfaat untuk yang sedang ketlusuben. Di blog OBAT TRADISIONALada juga artikel cara mengatasi tlusupan. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi blogku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

    BalasHapus
  3. Anda bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Sedang mencari pekerjaan di Surabaya? Silahkan kunjungi Bursa Lowongan Kerja

    BalasHapus