Senin, 14 Juli 2008

CARA TRADISIONAL MENGATASI RADANG TENGGOROK ( DIPTERIA )


Penyakit ini menyerang pada tenggorokan, berupa luka / radang. Oleh karena itu si penderita akan sakit bila menelan makanan. Untuk itu penderita haruslah makan makanan yang halus-halus / lembut seperti bubur. Kebersihan makanan pun harus dijaga agar tidak menambah parah penyakit ini. Penderita sebaiknya selalu makan buah-buahan segar yang telah dibuat jus. Diusahakan agar buang air besar yang teratur supaya perut bersih sehingga darahpun ikut bersih.

Adapun ramuannya adalah: perasan widara upas 10 gram, perasan jeruk nipis 5 gram, perasan nanas 10 gram, perasan daun jintan hitam 25 gram, madu murni 5 gram. Semua bahan dicampurkan, lantas minumkan barang satu dua sendok makan 5-10 menit sekali. Sedangkan ramuan obat untuk kumurnya adalah: daun papaya muda 10 gram, perasan daun lobak 5 gram, parasan bawang merah 5 gram, asam lama 5 gram, perasan buah pecut kuda 5 gram. Semua bahan dicampur / dibubuhi air panas, bila telah hangat-hangat kuku bisa untuk kumur-kumur.

Selain ramuan-ramuan tersebut di atas, maka sebaiknya penderita dikompres pada leher bagaian luar dengan kain bersih yang telah dibasahi air sejuk / bersih.

4 komentar:

erfiz fahrizal budiarta mengatakan...

wah dulu ku sering kena radang tenggorokan tapi kini udah ga lagi

Hari Budiman mengatakan...

Postingan yang sangat menarik, semoga bermanfaat untuk yang sedang menderita radang tenggorokan. Di blog OBAT TRADISIONALtersedia juga obat herbal untuk radang tenggorokan. Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi punyaku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

Hari Budiman mengatakan...

Radang tenggorokan bisa diobati dengan tanaman temulawak, srigunggu, dll. Silakan kunjungi blog : TANAMAN OBAT TRADISIONAL