Selasa, 08 Juli 2008

MENGATASI GIGITAN ULAR BERBISA


Dari gigitan / dipatuk ular berbisa akan menyebabkan rasa sakit yang amat sangat pada bagian yang dipatuk itu, dimana bengkak dan merah nampak pada kulit. Dalam waktu kurang dari setengah jam, penderita akan menjadi lemas, muntah, banyak ludah keluar, lumpuh / kejang, lidah dan alat suara serta pernapasan jadi lumpuh, dalam hal ini susunan syaraf yang banyak mengalami penderitaan. Bila lumpuh mulai hilang sebelum datangya kematian, kemungkina besar dia dapat sembuh tanpa pertolongan. Bila lumpuh tidak hilang, segeralah lakukan pertolongan sebelum terlambat.

Hal-hal yang harus dilakukan terhadap penderita: jaga baik-baik agar si korban brbaring dan berdiam diri. Sesuatu hal yang mempercepat denyut nadinya, adalah hal yang harus dihindari, karena kecepatan denyut nadi ini dapat membahayakan syaraf korban, segera bawa ke dokter terdekat, pasangkanlah “torniket” ( pembalut dari kain keras / karet ) pada sekeliling lengan atau kaki di atas luka bekas gigitan, ini agar menutup arus darah yang kena bisa / beracun , tetapi bukan bermaksud menghentikan peredaran darah dari pembuluh darah tadi. Longgarkan torniket setiap 10 menit. Kemudian jangan sekali-kali memberi pasien / korban minuman beralkohol. Setelah itu segera bawa ke dokter terdekat.

4 komentar:

Lintang Pedia mengatakan...

hmm bahaya atuh mang, kalo pake torniket..bisa -bisa pembuluh darahnya malah putus,,
ada cara laen,kalo punya extractor sejenis alat penghisap dapat dipakai,coz kalo dhisap lagsug,jg berisiko,,nah intinya..bisa ular dibersihkan dulu,pake antiseptik,hindari jangan sampai membuat korban histeris, karena jg bs bdmpak krg baek,tenangkan dia,usahakan bekas luka dibersihkan,jangan mengejar ularnya,segera dibawa ke dokter ato RS/pskesmas trdekat..

bang bang mengatakan...

kalo mau tau cara mengoabti gigitan ular berbisa silahkan kunjungi http://kerambasiliragung.yolasite.com/postingan/tips-untuk-mengobati-orang-kena-gigit-ular

Unknown mengatakan...

Anda bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Sedang cari kerja di Surabaya? Silahkan klik : Bursa Lowongan Kerja

Anonim mengatakan...

Tips yang menarik, terimakasih... Klik obat tradisional untuk membeli bermacam kapsul obat herbal.