Jumat, 11 Juli 2008

PERAWATAN AKI SEPEDA MOTOR


Perawatan aki sepeda motor bertujuan untuk agar komponen elektrik / listrik yang menggunakan tegangan aki dapat bekerja dengan baik / normal, seperti starter elektrik, lampu sein, lampu indikator, serta klakson. Selain itu untuk menghindari aki cepat rusak atau “soak”. Perawatan aki yang diperlukan adalah:

  1. Menjaga ketinggian level air aki agar selalu dalam keadaan normal. Ketinggaian normal berada diantara batas atas ( upper ) dan batas bawah ( lower ).

  2. Melumasi kutup (+) dan kutub (-) dengan gemuk / paslin agar tidak berkarat.

  3. Bersihkan sel aki sekurang-kurangnya 3 bulan sekali.


Adapun cara membersihkan sel aki adalah sbb:

  1. keluarkan semua air aki.

  2. Isi dengan air panas mendidih, kemudian kocok. Lalu keluarkan semua air yang telah bercampur kerak. Lakukan sampai sel aki benar-benar bersih dari kerak.

  3. Isi aki dengan air aki ( zuur ), selanjutnya aki di-charge kurang lebih selama 3 jam dengan tegangan yang sesuai dengan tegangan aki tersebut. Setelah itu aki dapat dipasang / dipergunakan lagi.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi punyaku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

Hari Budiman mengatakan...

Posting yang menarik, semoga bermanfaat. Mampir juga ke sini ya gan... Tanaman Obat

Anonim mengatakan...

Ikut ngiklan gan, terimakasih... Kami sudah mengirim obat herbal mulai dari Aceh sampai Papua, klik saja : Obat Tradisional

Anonim mengatakan...

Tips yang menarik, terimakasih... Klik obat tradisional untuk membeli bermacam kapsul obat herbal.

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.