Selasa, 15 Juli 2008

CARA TRADISIONAL MENGATASI CACINGAN


Hampir semua anak kecil pernah mengalami penyakit cacingan, penyakit ini ada bermacam-macam diantaranya: cacing biasa, cacing kermi, cacing tambang, dll. Sebab dari penyakit cacingan ini adalah karena makanan kotor, banyak makan daging yang terkena / ada cacingnya misalnya daging babi, dll. Anak yang menderita cacingan menjadi kurang nafsu makannya, kurus kering, perut buncit dan keras, serta bisa jadi berat badan turun. Adapun resep tradionalnya adalah: bengle diiris-iris 3 biji, temu hitam diparut 2 jari, tangkai daun sirih 2 lembar dan ketumbar 5 butir. Semua bahan ditumbuk halus, dituangi air panas, lalu diperas dan disaring, airnya dapat diminum. Resep lainnya: daun meniran 10 gram, daun lombok 1 lembar, daun kelor 3 lembar. Semua bahan dihaluskan, dituangi air panas, diperas untuk diminum, sedangkan ampasnya untuk tapal di perut.

5 komentar:

elm mengatakan...

wah ternyata ada obat tradisionalnya ya. tp pake obat cacing aja jg cukup mudah. minumnya jg kan 6 bulan sekali

Hari Budiman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hari Budiman mengatakan...

Postingan yang sangat menarik, semoga bermanfaat untuk yang sedang menderita cacingan. Di blog OBAT TRADISIONAL ada juga cara mengobati cacing kremi. Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi punyaku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

Hari Budiman mengatakan...

Cacingan juga bisa diobati dengan temu ireng atau temu hitam dan kulit buah delima, silakan kunjungi blog : TANAMAN OBAT TRADISIONAL