Senin, 14 Juli 2008

MEMBUAT LIMUN TEMULAWAK


Temulawak termasuk salah satu jenis umbi-umbian yang biasanya dipakai sebagai bahan atau ramuan jamu. Akan tetapi, dapat juga dibuat minuman yang menyegarkan dan menambah kesehatan jika diminum secara teratur. Limun temulawak dapat anda buat sendiri. Bahannya murah dan tidak begitu sukar membuatnya. Adapun bahan-bahannya adalah: temulawak kering 15 gram, gula pasir ½ kilo, kembang pala 1 gram, kayu manis 5 gram, asam sitrun 4 gram, soda makan 3 gram, air putih 4 liter. Sedangkan alat-alatnya: panci, kompor pemanas, botol bertutup rapat, corong dan saringan.

Cara pembuatannya: rebus semua bahan-bahan tadi kecuali soda makan sampai mendidih dan larutan tinggal 4 ½ liter, untuk temulawak sudah diiris-iris kecil. Setelah itu angkat panci dari kompor, lalu diamkan satu malam sampai ampas / kotoran mengendap serta tambahkan soda makan. Larutan jernih dapat dipisahkan dengan endapan dengan menggunakan selang plastik bersih, endapan jangan sampai ikut tersedot. Jangan pakai saringan dalam memisahkan larutan jernih dengan endapan!, masukkanlah larutan jernih tadi ke botol dengan memakai torong. Tutup botol rapat-rapat.

4 komentar:

Hari Budiman mengatakan...

Postingan yang sangat menarik, semoga bermanfaat untuk yang sedang menderita sakit lever. Di blog OBAT TRADISIONALtersedia juga kapsul temulawak. Terimakasih.

Anonim mengatakan...

Trimakasih, artikelnya sangat bermanfaat. Kunjungi punyaku juga ya : Obat Tradisional Indonesia.

Hari Budiman mengatakan...

Temulawak bisa menyembuhkan : penyakit hati/lever, nyeri sendi, menurunkan kolesterol, dll . Silakan kunjungi blog : TANAMAN OBAT TRADISIONAL

Unknown mengatakan...

Anda bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Sedang mencari pekerjaan di Surabaya? Silahkan kunjungi Bursa Lowongan Kerja